11 Istilah dalam Dunia Startup Teknologi






Halo fellas perkenalkan #startupsaurus, yaitu sebuah konten berbentuk podcast yang membahas hal-hal yang terjadi didunia startup digital indonesia. Buat episode pertama memang kita akan membahas yang ringan-ringan aja ya, soalnya konten ini bertujuan untuk orang awam agar lebih mengerti istilah-istilah yang ada pada dunia startup.


Istilah-Istilah dalam Dunia Startup yang Perlu Diketahui – Pada era digital saat ini, bisnis yang mengandalkan teknologi dan internet kerap bermunculan dan menjadi tren.
Anda pasti sudah sering mendengar kata “startup”. Zaman sekarang startup adalah istilah yang digunakan untuk perusahaan rintisan yang dirancang untuk berkembang pesat dan memanfaatkan teknologi dalam proses bisnisnya.

11 Istilah dalam Dunia Startup Teknologi

1Co-working Space


Co-working space adalah ruang perkantoran untuk para pekerja mandiri dan startupCo-working space ditempati dan digunakan bersama-sama oleh para penggunanya untuk bekerja, dengan biaya sewa yang lebih terjangkau, sehingga dapat menghemat biaya operasional untuk tempat kerja.

2Inkubator


Inkubator adalah program yang memfasilitasi startup yang baru dimulai untuk berkembang. Inkubator biasanya memberikan startup binaannya berupa ruang kerja, pendanaan, dan pelatihan dari mentor profesional, selama startup tersebut membutuhkannya.

3Akselerator


Akselerator mirip dengan inkubator. Bedanya, akselerator menyediakan fasilitas untuk startup selama beberapa bulan saja. Selama program berlangsung, startup diberikan pelatihan untuk mengembangkan idenya dan bisa mempromosikan idenya itu kepada investor agar mendapatkan dukungan modal.

4Venture Capitalist


Venture capitalist adalah istilah dalam dunia startup untuk investor yang melakukan investasi pada sebuah venture capital, di mana investasinya diberikan untuk startup yang potensial.

5Venture Capital


Venture Capital atau VC adalah perusahaan investasi yang mendapatkan dan mengumpulkan pendanaan dari para konglomerat dan institusi dengan maksud untuk memberikan penyertaan modal kepada startup. Nantinya, VC akan mendapatkan sejumlah saham dari startup yang diberikan modal.

6Angel Investor


Angel investor adalah orang pribadi yang berinvestasi pada sebuah startup dengan menggunakan uangnya sendiri. Imbalannya, angel investor akan mendapatkan saham dari startup yang dimodali.

7Seed Funding


Seed funding merupakan keadaan di mana startup untuk pertama kalinya mendapatkan pendaaan tahap awal. Biasanya, besaran dana yang didapatkan berkisar Rp 500 juta sampai Rp 1,5 miliar.

8Valuasi


Valuasi adalah nilai ekonomi dari sebuah startup yang ditentukan atas persetujuan founder dan investor. Nilainya diukur berdasarkan besaran potensi bisnis yang dimiliki perusahaan, bukan sekadar total pendanaan yang diraih.

9Unicorn


Unicorn adalah sebutan untuk startup yang mempunyai nilai valuasi mencapai lebih dari 1 miliar dolar Amerika Serikat. Istilah ini diambil dari kuda mitologi Unicorn yang status keberadaannya terbilang sangat langka atau hampir mustahil. Sebab, memang sangat jarang startup yang berhasil menjadi unicorn.

10Decacorn


Decacorn adalah sebutan untuk startup yang mempunyai nilai valuasi mencapai lebih dari 10 miliar dolar AS. Istilah ini dibuat setelah munculnya berbagai startup yang sukses menjadi unicorn, sehingga terciptalah sebutan untuk startup di tingkat atasnya.

11Hectocorn


Hectocorn adalah sebutan untuk perusahaan rintisan atau startup yang mempunyai nilai valuasi mencapai lebih dari USD 100 miliar. Contoh: Apple, Facebook, Google, dan Microsoft.
Nah itu tadi 11 istilah yang sering digunakan pada dunia startup. semoga bisa menambah literasi buat disukusi atau memulai membangun startup kamu sendiri. this is #startupsaurus , until next time!
11 Istilah dalam Dunia Startup Teknologi 11 Istilah dalam Dunia Startup Teknologi Reviewed by Edo R Rahman on April 21, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Simply Dummy Text

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Simply Dummy Text

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Cari Blog Ini

featured posts

Contact Info

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting has been the industry's.

Selamat datang di dunia EDOLOGI

Sebuah ideologi campur aduk, yang utama adalah kemanusiaan diatas segalanya

Technology

3/random/post-list

Popular Posts

About